English Indonesian

KABAR ARSITEKTUR HARI INI

MIMSE 2022 FT Unram

Fakultas Teknik Universitas Mataram menyelenggarakan konferensi internasional “The First Mandalika International Multi-conference on Science and Engineering 2022 (MIMSE 2022)” pada tanggal 14 September 2022 di Lombok Raya Hotel, Lombok Indonesia dengan Keynote Speaker dari berbagai negara yaitu Prof. Yan Zhuge (Structural Engineering, University of South Australia), Prof. Taufik (Electrical Engineering, California Polytechnic State University, California, USA), Prof. Jun-seok Hwang (Information Science and Technology at Technology Management, Seoul National University, South Korea), Prof. Muhammad Aziz (Mechanical and Biofunctional Systems, University of Tokyo, Japan).

Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik FT Unram yang diwakili oleh Noor Oktova Fajriyah, S.T., M.URP (Dosen Prodi Arsitektur FT Unram) mengikuti presentasi paralel session dengan artikel yang berjudul “The Implementation of Community-Based Agrotourism Concept as Sustainable Design in Rebakong-Kayangan Village, North Lombok Regency”.

Acara ini merupakan konferensi tahunan di pulau Lombok yang terdiri dari 4 bidang teknik yaitu Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika dan acara ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Konferensi ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana pandemi covid-19 saat ini memaksa manusia untuk melakukan hampir semua aktivitas dari rumah. Oleh karena itu, diperlukan penemuan-penemuan di berbagai bidang teknologi rekayasa untuk memfasilitasi kegiatan tersebut. Aktivitas manusia saat ini sangat bergantung pada teknologi informasi dan koneksi internet yang cepat dan stabil. Setiap saat orang-orang mengirim dan menerima data melalui smartphone mereka dan semuanya terhubung ke internet. Peralatan menjadi lebih pintar untuk membantu pemiliknya. Disisi lain, masyarakat membutuhkan kendaraan dan mesin yang kuat, efisien, dan cerdas di era Industri 4.0 saat ini. Kebutuhan energi meningkat, yang menyebabkan penurunan kualitas lingkungan global. Dibutuhkan teknologi baru untuk menghemat energi dengan menemukan teknologi baru di bidang teknik mesin. Banyak teknologi yang muncul sebagai pencegah bencana dengan mengembangkan inovasi di bidang teknik sipil dan arsitektur.

 

Arsitektur Terkini

Lomba IDE kreatif PKM FT 2022

Dear Mahasiwa Fakultas Teknik Universitas Mataram Fakultas Teknik Membuka Kegiatan Lomba IDE kreatif PKM FT 2023 Dengan Tema: “Peran Engineer Dalam Mendukung Percepatan Pembangunan di

Read More »

Temu Ilmiah IPLBI 2022

Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) mempunyai program tahunan yaitu Temu Ilmiah yang bertujuan untuk komunikasi dan interaksi dalam pengembangan dan akumulasi pengetahuan lingkungan binaan.

Read More »