English Indonesian

MBKM ARSITEKTUR UNRAM

Magang MBKM

Kerjasama dengan HRC Caritra Yogyakarta

Program Studi Arsitektur UNRAM menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai Universitas dan Lembaga, salah satunya adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terletak di Yogyakarta, yaitu “Housing Resource Center Caritra – HRC Caritra”. LSM HRC Caritra bergerak dalam bidang: pengembangan kawasan perkotaan dan perdesaan; studi kebijakan dan peraturan pemerintah; dan layanan klinik rumah sehat.

Hasil dari kerja sama tersebut, Program Studi Arsitektur mengirimkan dua orang mahasiswanya untuk mengikuti Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka 20 SKS, atau selanjutnya disebut Magang MBKM 20 SKS. Kedua mahasiswa tersebut adalah: Abel Fahreza Haris & Fitria Agustina Budiono Putri, yang merupakan mahasiswa angkatan 2020 dari Program Studi Arsitektur UNRAM. Kedua mahasiswa tersebut melakukan kegiatan Magang MBKM 20 SKS tersebut secara luring, langsung dari kantor HRC Carita yang berada di Yogyakarta. Program tersebut dilaksanakan selama empat bulan, terhitung sejak hari Senin, 15 Agustus 2022 sampai dengan pertengahan Desember 2022.

Guna memperlancar dan menjamin kualitas program Magang MBKM 20 SKS, Kepala Program Studi Arsitektur UNRAM – Rini Srikus Saptaningtyas, ST., M.Sc. bersama dengan dosen pembimbing lapangan MBKM – Aldhi Nugraha Anantama, S.Ars., M.Arch. melakukan peninjauan lokasi, kegiatan, dan sistem penilaian Magang MBKM 20 SKS dengan HRC Caritra pada tanggal 18 Agustus 2022. Ragam agenda yang dilaksanakan antara lain:
– Mengunjungi kantor HRC Caritra sebagai pusat lokasi Magang MBKM 20 SKS, sekaligus menyelesaikan dokumen MoA (Memorandum of Agreement/ Perjanjian Kerja Sama) antara Fakultas Teknik UNRAM dengan HRC Caritra, dan dokumen IA (Implementation Agreement/ Rancangan Pelaksanaan Kegiatan) antara Program Studi Arsitektur FT-UNRAM dengan HRC Caritra.
– Meninjau salah satu lokasi penelitian/amatan Magang MBKM 20 SKS, yaitu Kali Code, Yogyakarta. Tinjauan tersebut didampingi langsung oleh pihak HRC Caritra beserta warga Kali Code yang berperan sebagai pemandu sekaligus narasumber terkait permasalahan dan potensi dari lokasi penelitian.
– Mendengarkan paparan awal terkait hasil kinerja awal dari mahasiswa Magang MBKM 20 SKS, sekaligus diskusi singkat mengenai bidang keilmuan terkait.
Program magang dengan HRC Caritra ini adalah program Magang MBKM 20 SKS perdana yang dilakukan oleh Program Studi Arsitektur UNRAM. Selanjutnya diharapkan agar semakin banyak kegiatan yang serupa dengan lingkup yang semakin beragam, agar mahasiswa Prodi Arsitektur UNRAM tidak hanya mendapatkan pembelajaran langsung dari dalam kampus, namun juga mendapat pembelajaran arsitektural langsung di lapangan sesuai dengan bidang dan peminatan mahasiswa.

Kegiatan MBKM HRC Caritra Yogyakarta

1
#2 | Kegiatan MBKM HRC Caritra Yogyakarta Bulan September – Oktober 2022
1 3 b
#1 | Kegiatan MBKM HRC Caritra Yogyakarta Bulan September - Oktober 2022

Modular Bambu

Kerjasama dengan Arsitektur UII Yogyakarta