English Indonesian

HIMPUNAN MAHASISWA ARSITEKTUR FT UNRAM

Apa itu Himpunan Mahasiswa?

Himpunan mahasiswa diartikan sebagai sekumpulan (organisasi) mahasiswa dalam satu jurusan (program studi). Kumpulan mahasiswa yang bergabung memiliki tujuan yang sama. Himpunan mahasiswa dapat pula diartikan sebagai badan koordinasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa. Anggota himpunan mahasiswa adalah mahasiswa yang terdaftar aktif. Sebagai organisasi, himpunan mahasiswa tetap memiliki susunan kepengurusan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan beberapa departemen. Pada Program Studi Arsitektur Universitas Mataram sendiri terdapat himpunan mahasiswa bernama himpunan mahasiswa arsitektur (HMA) yang didirikan pada 18 Januari 2021 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Fungsi Himpunan Mahasiswa

Fungsi dari himpunan mahasiswa yaitu menampung lebih dari satu orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi di kampus tidak hanya menjadi tempat pembelajaran, namun mahasiswa dilatih untuk lebih mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan sebagai pelaksana kegiatan yang masih ada kaitannya dengan kegiatan mahasiswa yang bersifat pengembangan dan kreativitas mahasiswa.

Benefit Join Himpunan Mahasiswa

  • Melatih diri untuk menjadi seorang Pemimpin (Leadership).
  • Belajar mengatur waktu (Manajemen waktu).
  • Mengasah jiwa sosial.
  • Manajemen Konflik (Problem solving). 
  • Memperluas networking dan memperbanyak teman.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Visi, Misi dan Tujuan HMA

Visi 

HMA FT-UNRAM sebagai organisasi yang dapat menghimpun dan mewadahi aspirasi anggota di bidang akademik maupun non-akademik secara aktif dan dinamis.

Misi 

  1. Responsif terhadap aspirasi mahasiswa arsitektur.
  2. Memonitoring perkembangan anggota HMA FT-UNRAM

Tujuan

  1. Menghimpun dan menggali aspirasi, ide, potensi, dan kreativitas anggota HMA FTUNRAM.
  2. Meningkatkan ras kekeluargaan, solidaritas, dan tanggung jawab seluruh anggota HMA FT-UNRAM

Departemen HMA

  1. Latar Belakang
    berangkat dari permasalah anggota HMA khususnya dibidang akademik seperti dari beberapa mahasiswa yang mempunyai track recort IP dan IPK yang kurang memuaskan sehingga dibentuknya department pendidikan untuk menjadi solusi terhadap permasalahan akademik.
  2. Visi
    Menjadi departemen pendidikan yang mampu menjadikan anggota himpunan yang berkualitas memiliki daya saing tinggi, dan kompoten dibidangnya.
  3. Misi
    Memfasilitasi anggota hma ft unram dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan individu. Menyusun dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan dalam bidang arsitektur
  4. Program Kerja
  • RUANG KOMIK (Konsultasi Akademik), merupakan aktivitas yang bertujuan untuk memberikan
    kesempatan kepada anggota himpunan arsitektur dalam mengatasi kendala pada bidang akademik, baik terhadap dosen atau nilai. proker ini dibuka di 2 minggu sekali
  • PERSPEKTIF (Pekan Arsitektur Seni dan Kreatif),
    merupakan aktivitas yang bertujuan untuk melatih jiwa seni dan kreatif sekaligus melatih kepemimpinan dalam mengadakan kepanitiaan disetiap mata lomba untuk para anggota himpunan mahasiswa arsitektur. yang diantaranya para anggota himpunan bisa terlibat menjadi panitia ataupun menjadi peserta lomba pada kegiatan ini, melihat kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian mata lomba yang berskala regional sampai skala nasional
  • BEDUK KARYA (Bedah Buku dan Karya)
    ialah kelas bulanan yang mendiskusikan tentang buku dan hasil karya dari arsitek dunia, Program ini diharapkan dapat menjadi sarana mahasiswa sebagai penambah cakrawala berfikir mahasiswa dalam disiplin ilmu arsitektur.
  • BANK SOAL
    Program ini bertujuan untuk mengumpulkan soal-soal yang telah di ujikan dari setiap angkatan,
    seperti soal kuis, UTS, UAS, dan soal-soal comprehensive sebagai gambaran dan bahan latihan
    mahasiswa dalam menghadapi ujian atau kuis pada mata kuliah tertentu.
  • GEMA (Gerakan HMA Mengajar)
    GEMA adalah sebuah gerakan sosial dan kepedulian mahasiswa terhadap dunia pendidikan. Yang dimana di dalam gerakan ini kita berusaha membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung untuk bisa memperoleh pembelajaran dan ilmu-ilmu yang seharusnya mereka dapatkan di dunia pendidikan. Gerakan ini dilaksanakan sekali disatu kepengurusan kabinet.

 

PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MAHASISWA

A. Latar Belakang
Intensitas Perkuliahan yang kurang sehingga mahasiswa membutuhkan tambahan Materi dan Upgrading Skill dan kemampuan akademik dalam mendukung Perkuliahan maupaun masa kerja kedepan. Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) adalah salah satu divisi yang terdapat di dalam Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) yang bertanggungjawab untuk mengembangkan sumber daya anggota HMA FT Unram.
B. Visi
Menumbuh kembangkan dan Memaksimalkan potensi anggota HMA sebagai mahasiswa yang aktif, kontributif dan inovatif.
C. Misi
1. Menyalurkan aspirasi Mahasiswa HMA FT. Unram melalui program kerja.
2. Meningkatkan rasa saling memiliki baik untuk pengurus himpunan maupun seluruh mahasiswa HMA FT Unram.
3. Melakukan pengarsipan data Mahasiswa Program Studi Arsitekur.
4. Mempererat hubungan antara seluruh Mahasiswa Program Studi Arsitektur.
D. Proker :
1. Pondasi (Pengenalan Organisasi Fundamental arsitektur) yaitu kegiatan yang bertujuan mencari anggota baru agar bisa masuk sebagai anggota himpunan
2. Open Recruitment pengurus yaitu kegiatan yang dilaksanakan setelah kegiatan PONDASI, akan ada perekrutan kepengurusan baru dari anggota yang didapatkan dari kegiatan pondasi.
3. Latihan Dasar Kepemimpinan
4. Upgrading pengurus
5. Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa
6. Pendataan Mahasiswa Arsitektur (arsip database)
7. Data Mahasiswa Berprestasi (up medsos)

 

A. Latar belakang
Sosial Masyarakat muncul karena adanya berbagai isu-isu sosial di lingkungan kampus dan masyarakat sehingga
dengan adanya departemen ini dapat ikut serta berkontribusi dalam pengabdian pada lingkungan kampus dan
masyarakat yang dimana tujuannya menghadirkan kebahagiaan dan semangat yang dibangun bersama-sama.
B. Visi
Mewujudkan anggota hma ft unram yang peka terhadap sosial serta memiliki konstributif dan tanggung jawab
untung menghimpun dan melayani dalam bentuk kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat.
C. Misi
1. Mengajak seluruh anggota hma ft unram untuk lebih peka serta berempati terhadap sesama.
2. mewujudakan tridarma perguruan tinggi pada poin ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat
3. melakukan penyikapan terhadap permasalahan sosial lingkungan masyarakat.
4. membangun sinergi dan pergerakan bersama dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

D. Program Kerja
1. KAMPUNG MENGGAMBAR bagi anak-anak dipedesaan yang akan memberikan kebahagiaan bersama.
2. HMA MOVEMENT bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta estetika dalam hal kebersihan lingkungan sekitar agar memberikan rasa kepedulian terhadap permasalahan sampah.
3. HMA TURUN TANGAN merupakan aksi sosial dalam melakukan kegiatan donasi untuk membantu sesame kepada masyarakat yang terdampak bencana atau musibah.
4. CERITA JALANAN suatu gerakan untuk memberikan bantuan makanan kepada yang membutuhkan
5. ARCH GOES TO SCHOOL kegiatan untuk mempromosikan program studi Arsitektur kepada siswa/i.
6. FESTIVAL RAKYAT merupakan kegiatan akhir dalam Departemen Sosial Masyarakat yang akan bekerja sama dengan pelaku Seni atau wirausaha yang dituangkan dalam pameran serta pra acara dilakukan dengan kegiatan aksi donasi yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan serta solidaritas.

A. Latar belakang
Departemen Media Dokumentasi Informasi dan Kreatif adalah divisi yang bertanggung jawab dan bergerak dalam bidang multimedia. Memproduksi berita dan konten kreatif serta penyebaran informasi seputar kampus.
B. Visi
Menjadi media alternatif di bawah naungan HMA FT UNRAM yang dapat menghasilkan berita dan konten kreatif serta menyebarkan informasi seputar kampus. Berkontribusi sebagai wadah yang menaungi minat dan bakat serta opini mahasiswa/i Arsitektur UNRAM, khusunya dalam bidang multimedia dan jurnalistik.
C. Misi
• Memproduksi berita dan konten kreatif, serta menyebarkan informasi seputar kampus melalui media social
• Menjadi wadah dalam menanaungi minat dan bakat, serta opini Mahasiswa/i Arsitektur FT - UNRAM.
D. Program Kerja
• PERSPEKTIF
Merupakan program Kerja Kolaborasi dengan Departemen Pendidikan yaitu Pekan Arsitektur Seni dan Kreatif
• HMA CLASS
Program Kerja yang menyediakan Kelas Kelas Pelatihan softskill yang berkaitan dengan Arsitektur dan Pengembangan skill lainnya.
• PORSI (Podcast Arsi)
berbicara mengenai perkuliahan seputar Arsitektur melalui chanel youtube Arsitektur UNRAM.
• POSTER (Postingan Arsitektur)
Merupakan proker yang menyediakan konten konten yang berguna seputar pengetahuan Arsitektur dan Ilmu pendekatan lainnya.

A. Latar belakang
Banyaknya masalah atau isu isu yang tersebar di lingkungan kampus yang berkaitan dengan akademik dan finansial yang memerlukan pembahasan dan pengkajian khusus.
B. Visi
Menjadi wadah yang menampung semua aspirasi, kritik, saran dan keluhan mahasiswa terhadap isu dan masalah di lingkungan Kampus.
C. Misi
Menjadi jembatan antara mahasiswa dengan Akademik atau Kampus Menjadi wadah berkonsultasi pengambilan kebijakan dan keputusan

Makna Logo HMA

  • Gradasi warna biru dan hijau tosca bermakna kecerdasan, percaya diri, intuisi, dan kreativitas yang melebur menjadi satu gradasi.
  • Lingkaran yang ada di tiga gedung bermakna HMA memiliki satu kesatuan dan rasa kekeluargaan antara satu dengan yang lainnya dan menjadi wadah bagi anggotanya untuk menyuarakan aspirasi sebagai mahasiswa arsitektur.
  • Tiga gubahan massa melambangkan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Gubahan berbentuk gedung yang futuristik bermakna ambisi yang kuat untuk maju ke arah dunia modern/futuristik, artinya HMA melihat ke arah depan dan mengikuti perkembangan zaman.
  • Bagian bawah gubahan membentuk kombinasi huruf H-M-A bermakna Himpunan Mahasiswa Arsitektur yang menjadi fondasi untuk tiga gedung diatasnya. Maknanya bahwa HMA menjadi dasar atau menjadi tempat menghasilkan generasi yang akan berguna bagi Bangsa.

Pengurus HMA Tahun 2022

Pengurus Inti

MUHAMMAD FATHAN
F1E020037

Ketua Umum HMA

M. FATURAHMAN
F1E020034

Sekretaris Umum HMA

B. ADISTY TAHIRA PUTRI
F1E020010

Bendahara Umum HMA

Staff Department

AHMAD ALBI LUTFIAN
F1E020002

DEP. MEDIKRAF

SITI ZUHARA FARADISA W.
F1E020049

DEP. ADVOKASI

KHALED ABDAN
F1E020027

DEP. PENDIDIKAN

WAHYU AGUS PRIANTO
F1E020050

DEP. SOSMAS

I NYOMAN YOGA PERMANA
F1E020025

DEP. PSDM

ABEL FAHREZA HARIS
F1E020001

QUALITY CONTROL

Program Kerja HMA

Foto Kegiatan